Drumer Fall Out Boy Tiba Belakangan di Indonesia

Fall Out Boy Visits fuseStarMusicSurabaya.com – Hanya beberapa jam setelah mendarat di Jakarta dan tiba di hotel, ketiga anggota Fall Out Boy sudah siap untuk diwawancara Rolling Stone menjelang konser mereka hari Sabtu 19 Oktober 2013 di Skenoo Exhibition Hall, Gandaria City. Walau lelah setelah penerbangan panjang dari Los Angeles via Hong Kong, Patrick Stump (vokal-gitar), Joe Trohman (gitar) dan Pete Wentz (bas) sudah hadir dan antusias untuk konser Save Rock and Roll Tour yang diselenggarakan Big Daddy Entertainment.

Tapi ternyata drummer Andy Hurley absen dari wawancara. Ke manakah dia?

“Dia terbang lewat Chicago, tapi di Chicago penerbangannya dibatalkan. Jadi dia harus menginap di (bandara Los Angeles) LAX,” kata Stump.

“Di hotel Hilton, kamar 218!” kata Wentz sambil tertawa.

“Dia akan datang,” kata Trohman. “Kalau tidak, kami pakai mesin drum.”

Sambil menunggu kedatangan Hurley, ketiga anggota Fall Out Boy memberi gambaran tentang persiapan konsernya, yang merupakan kunjungan kedua band rock yang terbentuk di Chicago itu setelah sebelumnya datang di tahun 2007. “Untuk repertoarnya, kami baru saja membahas itu, tentang apa yang akan kami lakukan,” kata Stump. “Setiap tempat itu berbeda, dan ini pertama kalinya kami bermain di sini sejak 2007, jadi saya rasa itu tantangan lain. Karena kami berusaha mengingat kembali seperti apa konser terakhir. Itu penting.”

Kedatangan Fall Out Boy sebelumnya adalah dalam rangka tur album Infinity On High, dan sejak itu mereka telah mengeluarkan dua album, termasuk Save Rock and Roll pada bulan April lalu, album pertama setelah mereka kembali dari masa vakum sejak tahun 2010. Yang pasti, selain lagu-lagu andalan seperti “Sugar, We’re Goin Down”, “This Ain’t a Scene, It’s an Arms Race” dan “I Don’t Care”, akan ada banyak lagu dari album terbaru mereka itu, seperti “The Phoenix”, “Young Volcanoes” dan “Alone Together”.

“Salah satu hal yang mengejutkan kami adalah bagaimana orang-orang benar-benar menginginkan album baru. Saat kami kembali, saya mengaku kalau saya sedikit takut untuk mengeluarkan materi baru,” kata Stump.

“Saya rasa kami semua begitu. Materi baru itu menakutkan,” kata Trohman.

Wentz berpendapat sebaliknya. “Saya sangat bersemangat, karena album baru ini adalah pertama kalinya kami bermain bersama setelah waktu yang lama. Itulah lagu-lagu yang saya ingin mainkan, dan saya senang karena orang-orang ingin mendengarnya juga,” katanya.

Stump menambahkan, “Memainkan materi baru itu seru, tapi kadang-kadang ada rasa takut soal apakah akan diapresiasi. Pete, kamu mendorong saya. Kamu berkata, ‘Jangan takut. Mereka menginginkannya.’ ”

Maka antusiasme penggemar Fall Out Boy terhadap materi baru yang dibawakan membuat mereka semakin percaya diri. “Sebuah kejutan yang menyenangkan adalah betapa bagusnya lagu-lagu itu di antara repertoarnya. Kami memainkan lagu lama, lagu yang sangat lama dan lagu yang baru, dan rasanya seperti itu sudah menjadi bagian dari diskografi kami sejak dulu,” kata Stump.

Belum ketahuan apakah dalam konser di Jakarta akan dibawakan materi dari Pax-Am Days, mini-album berisi lagu-lagu punk singkat yang baru beredar awal minggu ini. Pax-Am Days direkam secara spontan saat Fall Out Boy mampir selama dua hari di sela-sela tur ke studio Pax Am milik Ryan Adams, yang mengajak mereka membuat lagu-lagu punk walau dia lebih terkenal sebagai musisi alt-country.

“Ryan Adams telah membuat begitu banyak karya di luar country. Dia sering membuat dua album sekaligus, dan kedua album itu saling berbeda. Jadi ini bukan ide yang terlalu gila, mengingat hal berbeda-beda yang pernah dia lakukan,” kata Trohman. “Daripada mengeluarkan album berisi remix dari album baru kami, kenapa tidak mengeluarkan lagu-lagu punk rock aneh ini?”

Apa pun lagu yang akan dibawakan dalam konsernya di Jakarta, Fall Out Boy – dengan Andy Hurley yang menyusul – akan tampil maksimal. Lewat akun Twitter-nya, Trohman menulis, “Despite being the most tired person, I am incredibly excited to play Indonesia. Can’t wait for tomorrow Jakarta!

Tiket untuk konser Fall Out Boy seharga Rp 750.000 dapat dibeli di tempat selama persediaan masih ada.

Sumber

2013-10-20T07:43:38+07:00